Selasa, 29 September 2009

Silat Harimau, Keindahan yang Mematikan

Kuncian dan tangkapan menjadi ciri khas aliran ini.
Gerakan dua orang itu sungguh indah dan menawan. Melompat dan bersalto, menjatuhkan diri ke lantai dengan kaki berputar, kadang terbang menaiki tubuh lawan lalu bersama-sama bergulung menyusur lantai.
Tapi, jangan salah, pasangan itu tidaklah sedang berakrobat, juga bukan memperagakan tarian nan rancak. Mereka adalah dua orang yang tengah memamerkan teknik Silat Harimau, yang diwarnai jurus-jurus atraktif, akrobatik, dan menawan. Meski tampak indah, di ujung tiap gerakannya justru selalu ada kuncian dan tendangan yang berbahaya serta mematikan bagi lawan.
“Seperti gerakan harimau yang lincah dan menarik, tapi juga menyiratkan ancaman bahaya dan kematian,” kata Edwel Yusri Datuk Rajo Gampo Alam kepada Tempo, yang menonton aksinya di acara diskusi Forum Pencinta dan Pelestari Silat Tradisional Indonesia di Anjungan Sumatera Barat, Taman Mini Indonesia Indah, pertengahan bulan lalu.
Datuk Edwel–demikian ia biasa disapa–ketika itu mengenakan ikat kepala batik dengan ujung kain dibuat menonjol ke atas di dua ujung sisi kepala. Itulah yang disebut ikat kepala atau “deta” harimau, sebuah penanda bagi praktisi Silat Harimau. Tapi Edwel lebih dari sekadar praktisi. Dia sudah belajar aliran itu sejak usia dini dan kini telah menjelma menjadi seorang guru.
Silat Harimau salah satu aliran silat yang berasal dari Sumatera Barat. Edwel mempelajarinya dari banyak guru yang tersebar di Minang. Langkah pembelajarannya dimulai dari almarhum kakeknya, Dina Sutan Mangkuto.
Semasa hidupnya, sang kakek yang biasa dipanggil Inyak Anguik (Inyak adalah sebutan Minang untuk kakek) merupakan guru Silat Harimau yang terkenal di Balingka. “Sampai sekarang, kalau saya pulang kampung, selalu saja orang-orang tua di sana menceritakan kesaktian kakek saya itu, yang ketika itu bahkan memelihara delapan ekor harimau Sumatera di rumahnya. Harimau sungguhan, bukan harimau siluman,” kata Edwel.
Tapi Inyak Anguik tidaklah langsung mengajarkan silat itu kepada Edwel. Dia hanya mengajarkannya dasar-dasar beladiri sejak usia 10 tahun. Begitu bekal yang dimilikinya cukup, barulah ia menyuruh Edwel belajar Silat Harimau ke beberapa guru.
Edwel kemudian berguru teknik tangkapan dan kuncian dari Sidi Bakar dari Perguruan Baringin Sakti, Sungai Puar, Agam, Sumatera Barat. Ia juga memperdalam kuda-kuda dan teknik kuncian dari Enek Zainal di Pasaman Barat. Zainal, yang dikenal dengan julukan Harimau Berantai, mengajarnya dengan metode yang keras dan dilakukan pada malam hari.
Edwel juga sempat menimba ilmu dari Tadjudin Salim, yang dipanggilnya Pak Gaek dan terkenal dengan nama Malin Sampono. Uwan Muri di Linatu Tanah Datar–sekitar 60 kilometer dari Bukittinggi–sempat pula ia datangi. Kepada guru itu ia belajar teknik kuncian, termasuk latihan teknik dasar cakar dan cekikan dengan merobek tempurung kelapa dengan cakar tangan.
Dari kedua guru yang disebut terakhir itu, ia pun belajar teknik “mandi minyak angek”. Minyak kelapa yang dihangatkan semalaman saat itu dibalurkan ke badannya, yang membuatnya licin dan membantunya belajar teknik melepaskan diri dari kuncian.
Masih ada sesepuh lain tempatnya berguru. Sebut saja Emak Indo dari Balingka, yang juga menguasai aspek supranatural dari Silat Harimau. “Tapi saya tidak belajar aspek kebatinan itu,” katanya. Ia hanya belajar teknik tangkapan dan kuncian. Hal yang sama juga ia pelajari dari Datuak Kurai di Bukittinggi.
Kuncian dan tangkapan memang menjadi ciri khas Silat Harimau. Melumpuhkan lawan lebih kerap dilakukan dengan menangkap serta mengunci tangan, kaki, atau leher lawan. Umumnya, kuncian dilakukan sambil membawa lawan ke tanah. Kuncian itu akan sangat menyakitkan terhadap lawan yang rebah dan membuatnya tidak berkutik. Bila aliran silat lain bertarung dengan berdiri, Silat Harimau juga memiliki aplikasi teknik bertarung di bawah, seperti harimau yang bergumul dengan lawannya di tanah.
Manakala bertarung berdiri, Silat Harimau memiliki teknik akrobatik dan beragam, termasuk menyerang dengan lutut sambil menaiki tubuh musuh, serta teknik-teknik lainnya yang justru kerap diaplikasikan dalam teknik beladiri asing. Tak mengherankan jika aplikasi jurus-jurus Silat Harimau tak hanya efektif dan mematikan, tapi juga indah dan enak dilihat.
Karakter lainnya dari Silat Harimau adalah tak ada pukulan dengan tinju, tapi dengan pukulan cakar dengan telapak tangan terbuka. Cakar ini diarahkan ke muka, leher, dan kemaluan lawan. Bentuk tangan terbuka ini juga efektif untuk menangkap dan mengunci anggota tubuh lawan. Nah, siapa mau belajar?
Asing Lebih Antusias
Lahir di Bukittinggi, 6 Juli 1963, Edwel Yusri menempuh pendidikan akhirnya di Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah di Jakarta. Tapi aktivitasnya tak pernah jauh dari melatih silat.
Dia pernah membagi ilmu di Perguruan Satria Muda Indonesia, Batalion Resimen Komando Kostrad 328 di Serpong, Resimen Mahasiswa Universitas Indonesia di Depok, bahkan melatih anggota satuan keamanan stasiun televisi RCTI. Pengalamannya melatih membawa ia dan anak muridnya melanglang buana ke luar negeri, termasuk tampil di International Martial Arts Festival di Paris pada 2004.
Ia membentuk Yayasan Paguyuban Ikhlas yang berpusat di Tanah Abang. Yayasan itu kemudian menerbitkan buku tentang Silat Harimau dalam bahasa Inggris, yang ditulis oleh Sekretaris Jenderal Persekutuan Silat Antarbangsa (Persilat) Hariadi Anwar.
Edwel semula berniat mengajar silat terutama kepada komunitas warga Minang di Jakarta, tapi sekarang ia justru lebih tertarik melatih orang asing. Terakhir ada dua warga asing asal Inggris yang datang berlatih. “Orang-orang bule itu saya suka karena mereka antusias dan bersemangat ketika belajar,” katanya. “Mereka juga berdisiplin dalam latihan.”
Sementara itu, orang kita dinilainya tak punya semangat. “Sulit sekali mencari anak-anak muda yang tertarik belajar silat,” katanya. Kalaupun ada yang belajar, “Lebih banyak mengeluh, tidak antusias, dan sering datang terlambat.” Untunglah kini ia sudah memiliki empat orang murid yang konsisten belajar. Uniknya, “Tak ada satu pun dari mereka yang orang Minang,” ujarnya sambil tertawa.

Selasa, 01 September 2009

PENINGKATAN PRESTASI IBADAH

Ramadhan Great Sale. Jangan lewatkan : Obral Pahala sebesar-besarnya dengan Diskon dosa hingga 99 % plus doorprize Lailatul Qadr. Buruan! Hanya 30 hari!!

Pernyataan di atas, bak iklan dari sebuah Mall terkenal yang menawarkan potongan harga plus dengan keuntungan yang berlipat dalam waktu tertentu. Jika diambil ibarat, inilah yang dipublikasikan, diklankan Allah Swt dalam al-Qur’an, hadits, dan kisah orang terdahulu. Bagaimana mensiasatinya.
Suatu niat dari awal menjalankan puasa Ramadhan adalah bahwa ibadah yang dilakukan dalam bulan Ramadhan dari tahun ke tahun harus meningkat. Tahun depan harus lebih baik dari tahun ini, dan tahun ini harus lebih baik dari tahun lalu. Ibadah Ramadhan yang dilakukan harus dapat merubah dan memberikan hasil yang positif. Perubahan pribadi, perubahan keluarga, dan perubahan dalam kehidupan sosial. Bukankah Allah telah menyatakan : “Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan (nasib) sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan (nasib) yang ada pada diri mereka sendiri”.
Bentuk-bentuk peningkatan amal Ibadah seorang muslim di bulan Ramadhan di antaranya peningkatan ibadah puasa, peningkatan frekwensi tilawah Al-Quran, peningkatan aktifitas sosial, seperti infaq, memberi makan pada tetangga dan fakir-miskin, santunan terhadap anak yatim, serta beasiswa terhadap siswa yang membutuhkan dan meringankan beban umat Islam. Serta, sesuatu yang tak kalah penting adalah merencanakan untuk mengurangi pola hidup konsumtif.
Pada bulan Ramadhan syetan dibelenggu, dan hawa nafsu dikendalikan melalui puasa, pintu neraka ditutup dan pintu surga dibuka selebar-lebarnya. Sehingga bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh rahmah tersebut sangat kondusif untuk bertaubat dan meletakkan fondasi untuk memulai hidup baru dengan langkah baru yang lebih Islami. Taubat berarti meninggalkan kemaksiatan, dosa dan kesalahan serta kembali kepada kebenaran. Atau kembalinya hamba kepada Allah SWT, meninggalkan jalan orang yang dimurkai dan jalan orang yang sesat. Taubat bukan hanya terkait dengan meninggalkan kemaksiatan, tetapi juga terkait dengan pelaksanaan perintah Allah. Orang yang bertaubat masuk kelompok yang beruntung. Allah SWT. berfirman: “Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung” (QS An-Nuur: 31).
Oleh karena itu, pada bulan bulan Ramadhan orang-orang beriman harus memperbanyak istighfar dan taubah kepada Allah SWT. Mengakui kesalahan dan meminta maaf kepada sesama manusia yang dizhaliminya serta mengembalikan hak-hak mereka. Taubah dan istighfar menjadi syarat utama untuk mendapat maghfirah (ampunan), rahmat dan karunia Allah SWT, sebagaimana firman-Nya: "Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Tuhanmu lalu bertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras atasmu, dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa." (QS Hud: 52)
Keseluruhan ibadah dalam bulan Ramadhan yang telah dilakukan tidak boleh lepas dari muhasabah atau evaluasi. Muhasabah terhadap langkah-langkah yang telah kita perbuat dengan senantiasa menajamkan mata hati (bashirah), sehingga kita tidak menjadi orang atau kelompok yang selalu mencari-cari kesalahan orang atau kelompok lain tanpa mau bergeser dari perbuatan kita sendiri yang mungkin jelas kesalahannya. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kesehatan kepada kita semua, sehingga kita dapat beribadah secara maksimal di bulan suci Ramadhan tahun ini. Akhirnya marilah kita berdo’a, “Wahai Pemilik pujian dan sanjungan, wahai Pemilik keagungan dan kebesaran, wahai Pemilik kemuliaan dan derajat, wahai Pemilik janji dan kesetian, wahai Pemilik ampunan dan ridha, wahai Pemilik karunia dan pemberian, wahai Pemilik keutamaan dan ketentuan, wahai Pemilik kemuliaan dan keabadian, wahai Pemilik kedermawanan dan kasih sayang, wahai Pemilik karunia dan kenikmatan. Maha Suci Engkau, tiada Tuhan kecuali Engkau, Pemberi segala pertolongan, selamatkan kami dari api neraka ya Rabb”.

MEMAKNAI KEHIDUPAN

“Dan Tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan Sesungguhnya akhirat Itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahui”. (al-Ankabut :64)

Bagaimana menjalani dan memaknai kehidupan (?) Bagaimana manusia harus mensikapi kehidupannya (?) Kehidupan dalam Islam, bukanlah rentang waktu yang pendek, yang digambarkan usia seseorang, atau usia sebagian umat manusia. Namun, juga bukan rentang waktu yang nyata, yang digambarkan dengan usia umat manusia secara keseluruhan.
Kehidupan menurut pandangan Islam adalah suatu rentang panjang dari masa pra natal, natal, dan pasca natal. Perjalanan panjang itu meliputi beberapa periode, baik itu kehidupan nyata – yakni kehidupan duniawi – dan juga kehidupan akhirat. Masa dalam kehidupan dunia berbanding jauh dengan kehidupan akhirat, bahklan digambarkan oleh para agamawan, bahwa kehidupan di alam baqa’ bagaikan hanya satu jam di dunia fana ini. Allah Swt mendiskripsikan kehidupan akhirat dalam al-Qur’an dengan berbagai karakteristik yang jelas, hingga tampak nyatahakikatnya bagi siapa saja yang ingin mempelajarinya. Tapi, banyak manusia yang tidak mau memilih kehidupan yang lebih nyata, dan kekal, tapi manusia lebih memilih kehidupan yang fana, yaitu dunia. Ruang kehidupan akhirat pun lebih luas dan panjang dari ruang kehidupan dunia, sebagai salah satu periode (babak) akhir dari rentang kehidupan dunia – di mana kehidupan manusia. M. Dawam Rahardjo dalam membahas terma akhirat ini, bahkan, menyatakan bahwa ia adalah masa depan yang akan diraih, dicapai sebagai salah satu cita-cita kaum muslimin.
Berkenaan dengan hari pembalasan, luas surga dalam kehidupan akhirat sebanding dengan langit dan bumi dalam kehidupan manusia. Sedangkan kehidupan neraka dalam kehidupan akhirat mampu menampung seluruh orang kafir dalam seluruh masa. Hakikat rentangan kehidupan mencakup kehidupan yang sifatnya familiar, yakni kehidupan akhirat, baik itu di surga maupun di neraka. Suasana yang ada dalam kehidupan akhirat tidak akan bisa dirasakan dan disamakan dengan suasana yang ada dalam kehidupan dunia.
Menurut Mujahid ayat yang disebut di awal paragraf mengungkapkan, “Sesungguhnya yang dimaksud dengan, sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan adalah kehidupan yang tidak ada kematian didalamnya”. Sedang Ibn Jarir menyatakan, yang dimaksud dengan kehidupan akhirat adalah kehidupan yang kekal. Tidak ada kesudahannya, tidak interupsi dan tidak ada kematian. Ibn Abu Ubaidah mengemukakan, bahwa yang dimaksud dengan kehidupan akhirat adalah kehidupan yang tidak ada kematian di dalamnya. Ia adalah kehidupan yang tidak penuh dengan tipu daya, sebagaimana kehidupan duniawi.
Kisah indah digambarkan dalam kehidupan seorang sufi, Hasan al-Basri yang sangat zuhud terhadap dunia. Al-Basri tidak pernah terkena tipu daya dunia, hidupnya jauh dari perbuatan durhaka, dan senantiasa diliputi ibadah pada Rabbnya. Ia tinggalkan kehidupan dunia, yang dapat melalaikan, dan hanya tipu daya belaka. Hasan al-Basri, benar-benar seorang yang senantiasa terikat dengan akhirat. Ia tidak ingin mengotori kehidupannya dengan pernak-pernik kenikmatan yang menipu sehingga membuatnya terjatuh dalam murka sang Khaliq.
Ketika Hasan al-Basri sedang sakit, saudara-saudaranya dan teman-temannya yang menjenguk merasa heran, karena mereka tidak mendapati apa-apa di rumahnya, tidak ada tikar ataupun selimut, kecuali tempat tidur yang tidak ada apa-apanya. Hasan al-Basri ra. adalah seorang sufi yang penuh dengan kewara’an. Dia mencari tingkat yang luhur dan menjauhkan dirinya dari hal-hal yang mengotorinya. Alangkah indahnya hidup laki-laki yang menahan diri dari selera nafsu dan beraneka ragam kenikmatan dunia. Sementara, tak sedikit manusia yang binasa lantaran memperturutkan hawa nafsunya. Hasan al-Basri menjauhi hawa nafsu yang menyukai segala sesuatu, nafsu yang cenderung kepada aneka kesenangannya yang dapat merusaknya.
Kewara’an Hasan al-Basri sampai ke tingkat ia tidak mengambil gaji dalam tugasnya di bidang peradilan. Tatkala Addi bin Arthat, seorang pejabat Iraq, memberinya uang sebesar 200 dirham, ia menolaknya. Addi mengira pemberian uang itu dianggap kurang oleh Hasan al-Basri. Karena itu, ia menambahnya. Namun, Hasan al-Basri tetap menolaknya. Al-Basri berujar : “Aku menolaknya bukan karena aku memandang uang itu sedikit. Aku menolaknya karena tidak mau mengambil upah dalam memutuskan hukum”, tegas al-Basri. Tidak ada lagi di zaman sekarang manusia yang memiliki sikap hidup seperti Hasan al-Basri, yang zuhud terhadap kehidupan dunia. Manusia modern di saat sekarang ini, justru mengejar kehidupan dunia yang fana, dan sebentar berakhir manusia. Tapi, justru manusia mengagungkan dan memuja kehidupan dunia, yang tidak ada artinya apa-apa di akhirat nanti. Wallahu ‘alam.

SEDEKAH

Seutama-utama sedekah adalah sedekah di bulan Ramadhan” [HR. Tirmidzi].
Sedekah disebut juga dengan term “jud” yang bermakna banyak pemberian, banyak bersedekah dan banyak berbuat ihsan pada fakir miskin terutama di Bulan Ramadhan. Rasulullah SAW adalah orang yang paling dermawan, dan beliau lebih dermawan lagi di bulan Ramadhan. Di antara bentuk-bentuk sedekah di bulan Ramadhan adalah: Pertama, Memberi makanan sebagaimana disebutkan dalam firman Allah SWT pada surat Al-Insan ayat 8 – 12 yang artinya “(8). dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim dan orang yang ditawan. (9). Sesungguhnya Kami memberi makanan kepadamu hanyalah untuk mengharapkan keridhaan Allah, Kami tidak menghendaki Balasan dari kamu dan tidak pula (ucapan) terima kasih. (10). Sesungguhnya Kami takut akan (azab) Tuhan Kami pada suatu hari yang (di hari itu) orang-orang bermuka masam penuh kesulitan. (11). Maka Tuhan memelihara mereka dari kesusahan hari itu, dan memberikan kepada mereka kejernihan (wajah) dan kegembiraan hati. (12). dan Dia memberi Balasan kepada mereka karena kesabaran mereka (dengan) surga dan (pakaian) sutera.”
Pada awal Islam, para salafus shaleh sangat bersemangat memberikan makanan baik kepada yang memerlukan atau kepada teman yang shaleh, melebihi semangat menjalankan amal yang lain. Rasulullah SAW. bersabda: ”Seorang mukmin yang memberikan mukmin yang lapar maka kelak Allah akan memberi makan kepadanya dari buah-buahan surga, dan barang siapa yang memberi minum seorang mukmin, maka kelak Allah akan memberi air minum dari syurga” [HR. Tirmidzi].
Sebahagian salafus shaleh ada pula yang memberikan makanan kepada saudara-saudaranya kaum muslimin, padahal dia sendiri berpuasa, mereka tidak sekadar memberi makanan, tetapi juga turut duduk sambil melayani kebutuhan mereka.
Kedua, memberi makan orang berbuka puasa, sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya: ”Barang siapa yang memberi makan orang yang berbuka puasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tanpa mengurangi sedikitpun pahala orang berpuasa tadi.” [HR Ahmad dan an-Nasa’i]. Dengan demikian orang-orang yang berpuasa meninggalkan makan dan minumnya karena Allah, serta ia menolong orang-orang yang berpuasa dengan memberi makan dan minum. Lantaran inilah, disyariatkan kaum muslimin memberikan makanan di kala berbuka pada orang-orang yang dhaif dan fakir serta mengajaknya makan bersama-sama.
Amalan Nabi Saw tersebut diteruskan pula oleh para salafus shaleh dalam memberikan pertolongan yang berbagai rupa pada fakir miskin, memberikan sebahagian yang ada padanya. Jika mereka punya uang 10 dirham, mereka memberi sedekah pada fakir miskin 4 (empat) sampai 5 (lima) dirham. Demikian juga amal ibadah Ibnu Umar yang senantiasa berbuka dengan fakir miskin, bahkan jika keluarganya tidak menyediakan makanan untuk fakir miskin beliau tidak akan memakan pada malam itu. Jika beliau sedang makan datang orang miskin, niscaya beliau akan bangun memberikan bahagiannya pada orang miskin yang baru datang itu. Konon cerita, pada suatu petang dating pula seorang peminta-minta pada Imam Ahmad yang sedang memegang roti untuk makanan berbuka puasa. Maka dengan tulus ikhlas Imam Ahmad memberikan rotinya pada peminta-minta itu dan beliau ikhlas menbahan lapar sepanjang malam.
Demikianlah, sedekah, sebagai amalan yang utama sewaktu melaksanakan puasa di bulan Ramadhan. Semoga menjadi suri teladan bagi kita yang sedang melaksanakan puasa di Bulan Ramadhan tahun ini. Insyaallah.

NAMIMAH

Alkisah, seorang khalifah menerima tamu di istananya. Ia meminta tolong pada seorang pembantunya untuk membeli bagian daging yang terbaik untuk jamuan makan para tamu tersebut. Pembantu ini adalah seorang yang sangat bijak. Ketika sampai di pasar, pembantu tersebut membeli sepotong lidah kambing. Sang khalifah bertanya, “kenapa engkau membeli sepotong lidah?” Pembantu menjawab, “karena dengan lidah, manusia bisa menyampaikan hikmah dan nasehat.” Keesokan harinya sang khalifah menyuruh dia untuk membeli bagian daging yang terburuk dari seekor kambing. Pembantu yang bijaksana tersebut kembali membeli sepotong lidah.
Khalifah merasa diremehkan oleh pembantunya tersebut, sembari bertanya, “kenapa engkau membeli sepotong lidah lagi?” Pembantu yang arif itu menjawab, “karena lidah seseorang dapat melakukan dosa dan menyebabkan terjadinya peperangan serta perselisihan antar sesama.” Mendengar itu, Khalifah tidak jadi memarahi pembantunya.
Berbicara mengenai bahaya lisan memang tidak ada habisnya. Lisan, hanya ada satu di tubuh, tapi betapa besar bahaya yang ditimbulkan olehnya jika sang pemilik tak boleh menjaganya dengan baik. Ada pepatah yang telah sangat popular dalam masyarakat menyebutkan bahwa “mulutmu adalah harimaumu.”
Dari fragma di atas, digambarkan bahwa salah satu bentuk kejahatan lisan terbesar adalah namimah (adu domba). Kata adu domba identik dengan kebencian dan permusuhan, dalam surat al-Maidah ayat 8 Allah berfirman … “dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk Berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa …” Sebagian dari kaum muslimin yang memahami bahaya namimah mungkin akan mengatakan, “Ah, saya tidak mungkin berbuat demikian”. Namun hal ini memang sangat sulit, sepandai-pandai menjaga lidah, suatu kali pasti bisa juga tergelincir “salah omong” sehingga menjadikan situasi yang tidak mengenakkan dalam pergaulan sosial. Apalagi ketika kebencian dan hasad (dengki) terdapat dalam hati, maka kondisi ini akan membuat “bias” tindak tanduk yang telah dijaga baik-baik tersebut. Atau meski bisa menjaga lisan (lidah) dari namimah, namun tanpa disadari, terkadang kita terpengaruh oleh namimah yang dilakukan seseorang.
Sungguh banyak sekali dalil-dalil yang menerangkan tentang namimah, baik yang berasal dari Al-Qur’an, As Sunnah maupun kesepakatan ulama. Di antara dalil-dalil tersebut adalah “Dan janganlah kamu ikuti setiap orang yang banyak bersumpah lagi hina yang banyak mencela, yang kian kemari menghambur fitnah.” (QS. Al Qalam: 10-11). Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Hudzaifah RA. disebutkan, “Tidak akan masuk surga tukang adu domba.” (HR. Al Bukhari). Rasulullah SAW. Bersabda : “Sejahat-jahat manusia ialah yang bermuka dua, mendatangi dengan satu wajah dan yang satu wajah dan siapa yang mempunyai dua lidah di dunia maka Allah SWT. akan memberikannya dua lidah api dari api neraka.” Ibn Katsir menjelaskan, “Al qattat adalah orang yang menguping (mencuri dengar pembicaraan) tanpa sepengetahuan mereka, lalu ia membawa pembicaraan tersebut kepada orang lain dengan tujuan mengadu domba.”
Imam An-Nawawi berkata, “Dan setiap orang yang disampaikan kepadanya perkataan namimah, maka hendaklah ia melakukan enam perkara berikut: (1) Tidak membenarkan perkataannya. Karena tukang namimah adalah orang fasik; (2). Mencegahnya dari perbuatan tersebut, menasehatinya dan mencela perbuatannya. (3) Membencinya karena Allah, karena ia adalah orang yang dibenci di sisi Allah. (4). Tidak berprasangka buruk kepada saudaranya yang dikomentari negatif oleh pelaku namimah. (5). Tidak memata-matai atau mencari-cari aib saudaranya dikarenakan namimah yang didengarnya. (6). Tidak membiarkan diri ikut melakukan namimah tersebut, sedangkan ia sendiri melarangnya.
Bukankah mulut seorang mukmin tidak akan berkata kecuali yang baik, serta suatu pekerjaan yang sangat baik adalah diam daripada berkata yang tidak benar. Semoga Allah SWT selalu melindungi kita dari kejahatan lisan dan tidak memasukkan kita ke dalam golongan manusia yang merugi. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari kejahatan pendengaranku, penglihatanku, lisanku, hatiku dan kejahatan kemaluanku. Amiin.

QIYAMU RAMADHAN

Lafazh Qiyam berasal dari kata kerja (fi'il) qaa-ma, artinya : tegak atau berdiri. Kata qiyam juga merupakan bentuk jama' dari kata qaa-imun, artinya: yang tegak, yang berdiri. Kata Lail dalam bahasa Indonesia biasanya diartikan malam, yaitu masa atau waktu yang datang sesudah siang. Maksud dengan "qiyam" dalam bahasan ini adalah shalat, karena pada asalnya shalat itu harus dikerjakan berdiri. Jadi yang dimaksud dengan qiyamul-lail ialah shalat yang dikerjakan pada waktu malam dengan shifat, kaifiyat dan rakaat tertentu sesuai dengan tuntunan Allah dan Rasul-Nya. Berkenaan dengan qiyamul-lail Allah berfirman dalam surat al-Furqan ayat 63-64 yang artinya : 63. dan hamba-hamba Tuhan yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata (yang mengandung) keselamatan. 64. dan orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka. Dan firman-Nya, “Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam; Dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah).” (Adz-Dzariyat: 17-18).
Sebuah riwayat yang dicatat dalam Sunan Tirmidzi dari Abdullah bin Salam ra dikatakan bahwa sesampainya Rasulullah SAW (pertama kali) di kota Madinah, orang-orang terkejut dengannya sambil mengatakan, “Telah tiba Rasulullah SAW., Telah tiba Rasulullah SAW.” lalu aku pun menemui orang-orang untuk melihatnya ketika melihat wajah beliau aku melihatnya tidak ada tanda-tanda kebohongan, dan saya masih ingat kata-kata pertama yang beliau sampaikan adalah, “Hai sekalian manusia, sebarkanlah salam, berilah makanan orang-orang miskin, dan shalatlah di saat orang-orang tidur, niscaya kamu masuk surga dengan selamat.” (HR. At-Tirmidzi). Berdasarkan penjelasan tergambar bahwa qiyamullail memiliki keistimewaan yang besar. Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda, “Siapa yang mendirikan shalat malam di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala Allah, niscaya diampuni dosa-dosanya telah telah lalu.” (Muttafaq Alaih).
Ditetapkan juga bahwa Nabi SAW pernah melakukan qiyam Ramadhan berjama’ah dengan para sahabatnya, sebagaimana diriwayatkan Aisyah RA. bahwasanya Rasulullah SAW keluar pada tengah malam, kemudian shalat tarawih di masjid, maka para sahabat pun shalat bersamanya, beredarlah berita ini di kalangan sahabat lain, jadilah malam kedua ini lebih banyak dari malam pertama, dan malam ketiga lebih banyak dari malam kedua, ketika di malam keempat, masjid tidak muat menampung para sahabat, Nabi SAW tidak keluar dari rumahnya kecuali untuk menunaikan shalat Subuh, setelah selesai menunaikannya beliau menghadap para sahabat lalu bertasyahhud (membaca dua kalimat syahadat) dan berkata, sesungguhnya kedudukan kamu tidak saya khawatirkan tetapi yang saya khawatirkan adalah diwajibkannya pada kamu (shalat tarawih) kemudian kamu tidak mampu melaksanakannya.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).
Shalat Lail bisa disebut juga shalat tahajjud, shalat witir, qiyamul lail. Pada bulan ramadhan shalat lail biasa disebut dengan Qiyamu Ramadhan atau shalat tarawih. Hukum Qiyamu Ramadhan adalah sunah yang dianjurkan untuk dilakukan di bulan Ramadhan, tidak wajib. Orang yang melakukan qiyamu ramadhan karena iman dan mengharapkan ridha dan pahala Allah SWT, diampuni dosanya yang telah lalu.

Sesungguhnya keutamaan shalat, termasuk shalat sunnah, disyari’atkan untuk mendidik jiwa, membersihkan hati dari kedengkian, kebencian, permusuhan dan yang lainnya, serta menumbuhkan persaudaraan, menjalin kasih sayang di antara sesama muslim, jelas ini adalah salah satu tujuan ibadah. Seandainya seseorang pergi shalat (tarawih) dengan hati yang ikhlas dan jiwa bersih, sangat tidak mungkin moment yang baik ini digunakan pula untuk berbuat maksiat, bertengkar, berbantah-bantahan sesama muslim, dan saling memojokkan, misalnya tentang shalat tarawih baik jumlah raka’atnya atau caranya. Dan yang lebih memprihatinkan lagi apa yang terjadi sebelum pergi ke masjid mereka bertanya dulu siapa imamnya? Berapa raka’at 11 atau 23 raka’at? Lama atau sebentar? Dan seterusnya. Atau mereka meminta langsung ke imam untuk melaksanakan shalat tarawih dengan jumlah tertentu. Naudzubillah minasyaithanirrajim.

PUASA YANG DITERIMA

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, (QS. 2: 183)
Ramadhan secara bahasa berarti membakar atau mengasah. Berkenaan dengan hal ini, M. Quraish Shihab menyatakan bahwa pada bulan inilah dosa manusia pupus habis terbakar karena kesadaran dan amal shalehnya. Selain itu, bulan Ramadhan “seringkali” dijadikan sebagai waktu untuk mengasah dan mengasuh jiwa manusia. Bulan Ramadhan juga diibaratkan sebagai tanah subur yang siap ditaburi benih-benih kebajikan. Semua orang dipersilahkan untuk menabur, kemudian pada waktunya akan menuai sesuai dengan benih yang ditanamnya. Bagi yang lalai, tanah garapannya akan ditumbuhi rerumputan yang tidak berguna.
Suatu hal yang penting dalam bulan Ramadhan, tentunya, adalah bagaimana merancang langkah strategis dalam mengisinya agar mampu memproduksi nilai-nilai positif dan hikmah yang dikandungnya. Jadi, perlu menyusun menu rohani dan ibadah kita. Jika menu buka dan sahur sering lebih istemawa dibanding dengan makanan keseharian, tentunya, kita harus menyusun menu ibadah di bulan suci ini dengan kualitas yang lebih baik daripada hari-hari biasa. Dengan begitu kita benar-benar dapat merayakan kegemilangan bulan kemenangan ini dengan lebih sempurna. Meskipun perbuatan yang membatalkan puasa lebih banyak aktivitas fisik, Islam memerintahkan selama menjalani ibadah puasa, kaum muslimin menjauhi perbuatan yang mungkin akan menyakitkan orang lain, baik fisik maupun kata-kata, serta menganjurkan memperbanyak perbuatan baik dan memperbaiki etika sosial, misalnya melarang marah dan mengucapkan perkataan kasar dan kotor. Sebuah hadits nabi menyatakan bahwa “banyak di antara umat umat Islam yang tidak mendapati apa-apa (hasil) dari puasanya, kecuali rasa lapar dan haus.” Agar puasa tidak hanya menghasilkan rasa haus dan lapar belaka, maka umat Islam harus mengikutsertakan pikiran, hati, dan semua anggota badannya seperti lidah, mata, telinga, tangan, dan kaki. Semuanya ikut berpuasa dari perbuatan yang dilarang oleh agama Islam.
Di samping memenuhi syarat dan rukun puasa, supaya shaum-nya diterima, shaa-im perlu melengkapi puasanya dengan mengikutsertakan pikiran, hati, dan semua anggota badannya seperti lidah, mata, telinga, tangan, dan kaki. Semuanya ikut berpuasa dari perbuatan yang dilarang oleh agama Islam. Orang yang berpuasa (shaim) tidak boleh mempunyai pikiran jahat, bahkan, terbesit keinginan berbuat jahat, apalagi merencanakan sebuah kejahatan, menjaga hati dari sifat dengki, hasad, benci tanpa alasan yang dibenarkan syar’i, serta dendam. Kemudian menutupi mata dari pandangan yang dilarang oleh agama seperti pertunjukan yang merangsang nafsu. Menjaga lidah dari perkataan jorok, ghibah, tidak mengadu domba (namimah), dan sebagainya. Jadi, hakikat dari puasa, sebagaimana tersirat dalam makna dasar kata “ash-shiyam”, adalah pengendalian diri (self control). Dalam sebuah hadits dinyatakan bahwa “Puasa itu bukanlah sekedar menahan diri dari makan dan minum, akan tetapi sesungguhnya puasa itu adalah mencegah diri dari segala perbuatan sia-sia serta menjauhi perbuatan yang kotor dan keji,” (HR Al Hakim). Ibarat yang sering dilontarkan, bahwa, sejatinya umat Islam harus menjadikan bulan Ramadhan sebagai “kepompong”. Seperti halnya ulat akan menjadi kupu-kupu indah setelah keluar dari kepompong, maka umat Islam setelah melewati bulan Ramadhan idealnya akan menjadi manusia yang lebih “indah” dari sebelumnya. Manusia yang selalu melakukan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya yang di ajaran Islam disebut sebagai manusia yang bertakwa sebagaimana disebutkan dalam surat al-Baqarah ayat 183 di awal tulisan.
Akhirnya, sampailah kita untuk mengatakan bahwa kunci atau roh ibadah puasa adalah ikhlas. Walaupun semua kelengkapan tersebut dilaksanakan, kalau shaaim tidak ikhlas, maka puasa nya akan menjadi sia-sia. Puasa yang ikhlas maksudnya adalah puasa yang semata-mata dijalankan karena Allah SWT saja, tidak ada motivasi lain kecuali mencari ridha-Nya.

MARHABAN YA RAMADHAN

Barangsiapa yang puasa ramadhan dengan iman dan perhitungan (berhati-hati memelihara puasanya) diampuni dosa-dosanya yang terdahulu” (HR Bukhari & Muslim)

Seluruh umat Islam kini menyerukan 'Marhaban Ya Ramadhan, Marhaban Ya Ramadhan", selamat datang Ramadhan, Selamat datang Ramadhan. Di masjid-masjid, musholla, media massa, bahkan mailing list dan facebook, ungkapan selamat datang Ramadhan tampil dengan ekpresi yang beragam.
Ramadhan adalah bulan penyemangat; bulan yang mengisi kembali energi jiwa setiap muslim. Ramadhan sebagai 'Shahrul Ibadah' yang bermakna semangat pengamalan ibadah yang sempurna. Ramadhan sebagai 'Shahrul Fath' (bulan kemenangan) yang bermakna memenangkan kebaikan atas segala keburukan. Ramadhan sebagai "Shahrul Huda" (bulan petunjuk) yang diimplementasikan dengan semangat mengajak pada jalan yang benar, pada ajaran Al-Qur'an dan ajaran RAsulullah Saw. Ramadhan sebagai "Shahrus-Salam" yang bermakna perdamaian dan keteduhan. Ramadhan sebagai 'Shahrul-Jihad" (bulan perjuangan) yang direalisasikan dengan perjuangan menentang kedzaliman dan ketidakadilan di muka bumi ini. Ramadhan sebagai "Shahrul Maghfirah" yang dihiasi dengan meminta keampunan pada Allah.
Dalam berpuasa, seseorang berkewajiban mengendalikan dirinya berkaitan dengan kebutuhan-kebutuhan fa’ali (makan, minum, hubungan seksual) dalam waktu-waktu tertentu. Berpuasa, berarti seorang yang melaksanakan puasa mengembangkan potensi untuk membentuk dirinya sesuai dengan sifat-sifat Allah. M. Quraish Shihab menyatakan, bahwa 2 (dua) hal utama yang harus diteladani oleh orang yang berpuasa adalah ; pertama, Dia (Allah) memberi makan dan tidak makan (QS.6: 14); kedua; Dia (Allah) tidak memiliki teman wanita (istri) (QS. 6: 101). Kedua hal itu terpilih untuk diteladani karena keduanya merupakan kebutuhan fa’ali manusia yang terpenting, dan keberhasilan dalam pengendaliannya mengantar kepada kesuksesan mengendalikan kebutuhan-kebutuhan lainnya.
Kebahagiaan dalam pelaksanaan puasa terasa menjadi cita-cita bagi orang yang berpuasa. Apa saja yang menjadi obsesi bagi orang yang berpuasa ? Pertama; yaitu kebahagiaan ketika ia "Ifthar" (berbuka), yakni kebahagiaan yang duniawi, yang didapatkannya ketika terpenuhi keinginan dan kebutuhan jasmani yang sebelumnya telah dikekang, maupun kabahagiaan rohani karena terobatinya kehausan sipritualitas dengan siraman-siraman ritualnya dan amal sholehnya. Kedua, kebahagiaan ketika bertemu dengan Tuhannya. Inilah kebahagian ukhrawi yang didapatkannya pada saat pertemuannya yang hakiki dengan al-Khaliq. Kebahagiaan yang merupakan puncak dari setiap kebahagiaan yang ada. Akhirnya, hikmah-hikmah puasa dan keutamaan-keutaman Ramadhan di atas, dapat kita jadikan wadah bermuhasabah dan menilai kualitas puasa kita. Begitu banyak aspek-aspek ibadah puasa yang harus diamalkan agar puasa kita benar-benar berkualitas dan mampu menghasilkan nilai-nilai positif yang dikandungnya. Seorang ulama sufi berkata "Puasa yang paling ringan adalah meninggalkan makan dan minum". Ini berarti masih banyak amalan puasa yang tidak sekedar dengan jalan menahan makan dan minum selama sehari penuh.
Semoga dengan mempersiapkan diri kita secara baik dan ibadah-ibadah dengan ikhlas, serta berniat "liwajhillah wa limardlatillah", karena Allah dan karena mencari ridha Allah, kita mendapatkan kedua kebahagiaan di dunia dan akherat. Semoga kita bisa mengisi Ramadhan tidak hanya dengan kuantitas harinya, namun juga memperhatikan kualitas puasa.